Rabu, 22 Februari 2012

PENTINGNYA PERLAKUAN PENDAHULUAN PADA SAAT PANEN IKAN


TAUKAH ANDA KENAPA IKAN YANG KITA MAKAN ADA YANG BERASA ENAK TETAPI JUGA ADA JUGA YANG BERBAU????
               
 Hal ini dikarenakan adanya perlakuan pendahuluan sebelum memanen ikan. Perlakuan pendahuluan yang salah menyebabkan peningkatan emosi dan kondisi fisik dari ikan sebelum dipotong. Hewan yang tidak banyak bergerak, diberi makanan yang cukup akan menghasilkan daging ikan yang baik. Demikian juga dengan ikan yang dikail akan menghasilkan olahan yang lebih baik dari pada ikan yang ditangkap dengan jaring.  LHA KENAPA DEMIKIAN??
Hal tersebut diatas disebabkan oleh karena perubahan kadar glikogen dalam jaringan. Segera setelah ikan mati akan terjadi perubahan biokimiawi dari
Glikogen            menjadi            asam laktat
 Hewan yang dibunuh tanpa banyak mengalami penderitaan atau yang dipelihara dalam lingkungan yang tenang tidak banyak melakukan pergerakan maka pada saat dibunuh mengandung kadar glikogen yang tinggi. Glikogen tersebut akan diubah menjadi asam laktat sehingga asam laktat yang dihasilkan cukup banyak hal ini menyebabkan ph menjadi rendah. Pada hewan atau ikan yang dibunuh tanpa banyak pergerakan apakan menurunkan pH hinggs 1-8 uniy. Bila pH awal 7 makan phnya akan berkisaran antara 5,1 - 6,1. Rendahnya pH tersebut mempunyai dampak positif sebagai berikut: 
- Struktur ikan terbuka 
-  Warna merah terang 
-  Bau enak bila diolah  
- Tahan terhadap serangan mikro-organisme.
ikan tersebut mempunyai kualitas yang baik terutama bila akan dibuat bahan baku yang segera diolah.

YUKKK MARII _menenangkan ikan sebelum membunuhnya :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar